• Photo: © Friedrich-Ebert-Stiftung, Kantor pusat FES di Bonn dan Berlin

Friedrich-Ebert-Stiftung (FES)

Tentang kami

Friedrich-Ebert-Stiftung (FES) adalah yayasan politik tertua di Jerman dengan tradisi demokrasi yang mengakar sejak berdirinya pada 1925. Yayasan ini berikut visinya dibentuk oleh Friedrich Ebert, Presiden Jerman pertama yang dipilih secara demokratis.

Friedrich Ebert, seorang Sosial Demokrat dari latar belakang pengrajin sederhana yang berhasil memegang jabatan politik tertinggi di negaranya, mendirikan yayasan ini sebagai tanggapan terhadap pengalamannya yang panjang dalam konfrontasi politik, dengan tujuan sebagai berikut:

  • memajukan pendidikan politik dan sosial seluruh lapisan masyarakat dalam semangat demokrasi dan pluralisme,
  • memfasilitasi akses ke pendidikan tinggi (universitas) dan penelitian untuk anak-anak muda berbakat dalam bentuk beasiswa,
  • berkontribusi terhadap kesepahaman dan kerjasama internasional.

Sejak awal berdirinya, kerja-kerja yayasan ini didasarkan pada ide-ide inti dan nilai sosial demokrasi, yaitu kebebasan, keadilan dan solidaritas. Sikap ini menyatukan kami dengan keluarga besar sosial demokrat Jerman maupun dunia internasional. Namun, sebagai lembaga nirlaba kami bekerja secara otonom dan independen.

 

Tujuan kami saat ini

Kami mempromosikan:

  • Demokrasi dan masyarakat yang bebas, aktif dan kuat berdasarkan nilai-nilai solidaritas yang memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh warganya untuk berpartisipasi dalam kehidupan politik, ekonomi, sosial dan budaya.
  • Pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dengan pekerjaan yang layak untuk semua.
  • Negara kesejahteraan yang memberikan jaminan sosial sebagai hak asasi manusia, seiring dengan memberantas kemiskinan dan memberikan perlindungan kepada warganya.
  • Akses pendidikan yang menyeluruh dan gratis sebagai faktor kunci untuk menciptakan peluang hidup yang setara tanpa memandang latar belakang keluarga.
  • Kerjasama internasional yang berkontribusi terhadap perdamaian dan kemajuan sosial di Eropa maupun dunia.

 

Program kami

Kami mendukung dan memperkuat sosial demokrasi khususnya sebagai berikut:

  • Kerja sama internasional: Dengan jaringan kantor internasional di lebih dari 100 negara, FES menjadi bagian dari kerjasama pembangunan maupun kebijakan luar negeri Jerman. Kami mendukung kesepahaman di tingkat internasional dengan menciptakan medium pertukaran, kebijakan kerjasama damai, mendorong pembentukan dan konsolidasi struktur yang demokratis, bervisi sosial dan konstitusional, serta masyarakat sipil yang kuat. Kami juga aktif terlibat dalam mempromosikan Eropa yang bervisi sosial, demokratis, dan kompetitif dalam proses integrasi Eropa.
  • Pelatihan pendidikan politik untuk memperkuat kewarganegaraan di Jerman maupun negara-negara lain. Program-program pendidikan politik kami di Jerman memotivasi, mendukung, menginformasikan dan mempersiapkan kapasitas warga untuk terlibat aktif dalam ranah politik, ketenagakerjaan, dan sipil. Kami meningkatkan partisipasi warga dalam diskusi-diskusi sosial serta proses pembuatan kebijakan.
  • Dukungan bagi anak-anak muda berbakat melalui program beasiswa di Jerman maupun negara-negara lain, khususnya bagi mahasiswa dan kandidat doktor dari keluarga kurang mampu dengan latar belakang imigran. Ini merupakan kontribusi kami untuk meningkatkan demokrasi di bidang pendidikan.
  • Merancang strategi: Kami mengembangkan dan mendukung strategi dalam isu-isu inti di ranah kebijakan ekonomi, sosial dan pendidikan serta isu-isu kunci yang dapat memajukan sosial demokrasi. Kami memfasilitasi diskursus publik di mana para praktisi politik, lembaga pemikir (think tank) dan akademisi dapat duduk bersama untuk mendorong tatanan ekonomi dan sosial yang adil dan berkelanjutan di tingkat nasional, Eropa maupun global.

 

Perangkat-perangkat yang kami gunakan mencakup lokakarya, seminar dan konferensi nasional, regional maupun internasional, penelitian dan publikasi, pelatihan, beasiswa, serta program pertukaran internasional.

 

Di Indonesia, kegiatan kami difokuskan pada area-area berikut:

  • Jaminan Sosial dan Negara Kesejahteraan
  • Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan
  • Transformasi Sosial di Perkotaan
  • Kerjasama Internasional di Regional dan Sekitarnya

 

Lebih lanjut tentang FES dan kunjungi website bahasa Jerman

Friedrich Ebert (1871-1925)

Friedrich Ebert adalah Presiden Republik Weimar pertama yang menjabat sejak 1919 hingga 1925. Ia mendorong dikembangkannya demokrasi parlementer. Ia memandang dirinya sebagai presiden bagi seluruh rakyat Jerman, dan berkomitmen untuk melaksanakan politik yang ditujukan untuk membentuk keseimbangan sosial dan kompromi. Sebelum wafat, ia berwasiat agar donasi yang terkumpul pada pemakamannya digunakan untuk membentuk suatu yayasan. Karena itu sejak berdirinya FES fokus bekerja untuk menghapus diskriminasi terhadap pekerja di bidang pendidikan.

Friedrich-Ebert-Stiftung Berlin

Hiroshimastraße 17 and 28
D-10785 Berlin 

+49 030 269356
+49 030 26935-9244 

www.fes.de

Friedrich-Ebert-Stiftung Bonn

Godesberger Allee 149
D-53175 Bonn

+49 0228 883-0
+49 0228 883-9207

Friedrich-Ebert-Stiftung
Indonesia Office

Jl. Kemang Selatan II No. 2A
Jakarta Selatan 12730
Indonesia

+62 21 7193711
+62 21 71791358

info(at)fes.or.id
www.fes.or.id

kembali ke atas